Cara Transfer Uang Mudah Lewat Western Union

Western Union (WU) adalah layanan transfer kawat (wire transfer) yang memungkinkan pengguna dengan cepat mentransfer uang ke seluruh dunia. Meskipun bukan tanpa risiko, ini adalah cara yang andal untuk mengirimkan uang kepada teman dan keluarga hampir di manapun di dunia ini. Ikuti panduan cara transfer uang lewat Western Union untuk memastikan uang Anda sampai ke orang yang benar.


Western Union memiliki lebih dari 500 ribu lokasi agen di lebih dari 200 negara dengan kemampuan transfer yang relatif cepat. Melalui WU Anda dapat mentransfer uang secara online ke 35 negara atau melalui aplikasi WU di 11 negara. Dengan Western Union, uang dapat diterima dalam 130 mata uang di seluruh dunia. WU juga menyediakan banyak solusi keuangan lainnya untuk bisnis, seperti konsultasi, pelaporan, analisis, invoice, dan penjadwalan pembayaran. Western Union membantu bisnis di banyak industri: Transportasi, pembiayaan konsumen, keuangan pemerintah, asuransi, hipotek, telekomunikasi, dan sebagainya.

Sebelumnya perlu dimengerti bahwa Western Union adalah cara populer bagi para penipu untuk menerima uang dari korbannya. Jadi pastikan Anda mengenal orang yang akan Anda kirimi uang itu. Jangan pernah mengirimkan uang ke anggota keluarga, saudara atau teman pada situasi darurat yang belum Anda konfirmasi secara pribadi melalui sumber yang dapat dipercaya. Jangan pula pernah mengirimkan uang kepada seseorang yang baru saja Anda kenal secara online. Jangan pernah menggunakan Western Union untuk pembelian di internet sebab tidak ada jaminan bahwa orang tersebut akan mengirimkan barang yang dibeli kepada Anda. Jangan pernah menggunakan Western Union untuk pembelian atau penjualan di situs seperti Craigslist.com. Terkadang, pembeli akan mengklaim untuk membeli sesuatu yang telah disiapkan untuk dijual dan mengirim check lebih dari harga. Mereka kemudian akan meminta Anda untuk mengirim transfer Western Union untuk selisihnya.

Cara transfer uang melalui layanan ini sangat simpel, temukan kantor Western Union di dekat rumah atau agen-agennya misalnya di kantor pos lalu isi formulir yang disediakan. Anda bisa mengirim uang dari kantor Western Union tersebut dengan beberapa cara: uang cash, dengan kartu kredit atau debit, atau dari rekening bank ke rekening bank. Bila menggunakan kartu kredit maka Anda akan dikenakan fee oleh penerbit kartu. Biaya transfer di Western Union ini bervariasi tergantung pada metode pembayaran yang Anda pilih, dari mana Anda mengirim uang, dan ke mana Anda mengirimkannya. Jika Anda mentransfer dari satu rekening bank ke bank lain, Anda memerlukan nama bank penerima Anda, nomor BIC (Kode Identitas Bank) dan nomor IBAN (Nomor Rekening Bank Internasional), dan nomor rekeningnya. Anda mungkin memerlukan informasi tambahan untuk negara tertentu. Dana mungkin siap setelah beberapa menit atau beberapa hari, sekali lagi ini tergantung lokasi dan metode pembayaran. Simpan nomor MTCN ebab itu adalah kode pelacakan dan penerima harus memberikannya saat menerima uang.

Cara transfer uang juga bisa dilakukan melalui situs Western Union. Klik tautan Kirim Uang (send Money) di beranda situs Western Union. Kemudian klik pada Kirim Online (Send Online). Isi formulirnya, dan pilih bagaimana Anda ingin membayar. Anda bisa mengirim uang dengan kartu kredit atau debit, atau dengan rekening bank. Penerima dapat mengambil uang tunai di cabang Western Union, atau uang kiriman yang ditransfer ke rekening bank. Anda harus membuat akun Western Union terlebih dulu agar bisa menggunakan layanan transfer online ini. Biaya bervariasi tergantung pada metode pembayaran yang Anda pilih, dari mana Anda mengirim uang, dan ke mana Anda mengirimkannya.

Opsi lain yang juga bisa dimanfaatkan sebagai cara transfer uang yaitu menggunakan aplikasi mobile Western Union. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengirim uang, melacak pengiriman uang, dan membayar tagihan langsung dari smartphone mereka. Aplikasi ini sudah tersedia untuk platform IOS dan Android. Aplikasi mobile ini sangat intuitif sehingga Anda dapat mengirim uang dengan cepat ke lokasi manapun di dunia. Seperti aplikasi layanan kirim uang yang lain, aplikasi ini pun dirancang agar aman dan mudah digunakan.

Cara transfer uang lewat WU tak seribet yang dikira kebanyakan orang. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut. Mula-mula pengguna bisa mencari lebih dulu agen Western Union dekat rumah bisa di beberapa kantor bank, kantor pos, PPOB dan sebagainya. Biasanya layanan ini sudah menempelkan logo Western Union di depan kantornya. Katakan bahwa anda hendak mengirim uang ke seseorang. Pihak petugas akan menyodorkan kepada Anda satu lembaran yang mesti dilengkapi.

Sesudah itu Anda dipersilahkan menyerahkan kartu identitas diri untuk dicocokkan dengan formulir yang baru saja diisi. Anda boleh menyerahkan KTP, SIM atau yang sejenis. Serahkan uang sejumlah yang hendak ditransfer kepada petugas ditambah biaya kirim. Tanda tangani lembar form transaksi tersebut, lalu serahkan ke petugas. anda akan diberikan Nomor Transaksi Pengiriman Uang yang sering disebut dengan MTCN (Money Transfer Control Number). Selanjutnya hubungi orang yang sudah dikirimi uang dengan memberikan nomor MTCN tersebut dan minta ia secepatnya mengambil uang di agen terdekat. Biaya transfer uang di WU berbeda tergantung nominal yang dikirim. Untuk pengiriman hingga Rp.1 juta misalnya dikenakan biaya Rp.45 ribu. Makin besar uang yang dikirim maka akan semakin besar biayanya.

Adapun cara mengambil uang di Western Union langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Sebelumnya sediakan data dan dokumen penting yaitu : Nama lengkap pengirim, negara asal pengirim uang, jumlah uang yang dikirim, Nomor Transaksi Pengiriman Uang (MTCN), kartu identitas diri yang masih berlaku. Setelah itu kita tinggal menuju kantor agen WU terdekat antara lain di kantor pos. Katakan kepada petugas bahwa anda ingin mengambil uang yang dikirim melalui WU. selanjutnya petugas akan memberikan formulir penerimaan uang untuk dilengkapi. Setelah formulir dilengkapi, serahkan ke petugas untuk diproses. Penerima akan diminta menandatangani bukti transaksi penarikan uang. Petugas akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan nominal yang dikirim.

Berikut daftar agen Western Union yang bisa digunakan : kantor pos, Pegadaian, Indomaret, Bank Maybank, Bank Danamon, JNE, Bank Saudara, Bank Jabar Banten, Bank BTN, Bank Syariah Mandiri, Bank Muamalat, Bank Bumiputera, Bank Nagari, Uang Kita, Bank Jatim, Bank Kalbar, Bank Sumsel Babel, Bank Jateng, CIMB Niaga Mikro Laju, Bank Mestika, Andalusia Antar Benua dan Bank DKI.