Minggu, 20 Agustus 2017

Prosedur Cara Verifikasi Instagram untuk Mendapatkan Ceklis Biru

Ketika membahas teknik pemasaran menggunakan media sosial di tahun 2017 ini sepertinya hampir semua bisa dibeli. Facebook yang saat ini berusia lebih dari satu dekade, Instagram pun sudah melalui masa kanak-kanak mereka sudah cukup lama bagi para pengguna sehingga secara cerdik bisa mengetahui berbagai cara untuk mengakali sistem. Beberapa pengikut dapat dibeli dengan membayar sejumlah uang, dengan kemampuan agar pengikut Bot tersebut bisa bertindak seperti manusia mulai dari menyukai dan mengomentari foto.


Namun masih ada satu simbol status di Instagram yang tetap tidak dapat dibeli, dan karena itu sangat didambakan yaitu verified badge. Lencana ini biasanya terpasang di samping nama selebriti atau merek global terkenal seperti Nike atau Oprah Winfrey berupa tanda centang berwarna biru. Karena verified badge ini diberikan secara individual oleh moderator di Instagram sehingga tidak mungkin dibeli atau mengakali algoritma. Verified badge tercantum di samping nama akun Instagram dan juga di halaman profile. Lencana ini sebagai bukti jika Instagram telah mengkonfirmasi bahwa akun tersebut asli milik publik figur, tokoh, selebriti atau merek global yang diwakilinya.

Instagram meniru fitur yang diberikan Twitter dan Facebook dengan menambahkan ikon verifikasi bagi akun publik figur diantaranya selebritis, atlet dan juga merek. Tujuan dari fitur ini adalah agar para pengguna menjadi mudah berkomunikasi dengan akun pemilik yang sebenarnya. Sekarang ini sudah tak terhitung akun palsu yang aktif di Instagram, akibatnya acapkali para pengguna tertipu dengan akun-akun yang ternyata bukan milik publik figur yang diidolakannya. Contoh saja ada akun Instagram palsu yang menyatakan dirinya sebagai penyanyi Rihanna. Meskipun ketika itu Rihanna sendiri sudah menonaktifkan akun Instagram yang dimilikinya. Oleh karena itu Rihanna lewat akun Twitter yang sudah terverifikasi memberitahukan kepada semua followers jika akun Instagram dengan nama dirinya tersebut adalah palsu.

Perlu diketahui bahwa mendapatkan verified badge di Instagram itu lebih sulit dibanding verifikasi di Twitter atau di Facebook. Lalu bagaimana cara verifikasi Instagram agar bisa mendapatkan verified badge sementara kita bukan artis atau atlet? Bisakah akun biasa dengan kurang dari 400 pengikut mendapatkan lencana verifikasi tanpa terlebih dahulu menjadi selebriti? Setidaknya ada 3 tiga faktor utama untuk mendapatkan badge verifikasi dari Instagram. Jika Anda mengikuti tiga langkah cara verifikasi Instagram berikut ini kemungkinan akan berhasil memperoleh lencana yang diidamkan banyak orang.

1. Jangan menunggu besar di Instagram

Ini juga berlaku untuk platform apa pun yang ingin diverifikasi baik itu Twitter, Facebook, atau YouTube. Apapun platform yang anda tuju, Anda perlu bekerja untuk membangun kehadiran Anda di tempat lain. Misalnya di layanan berbagi video YouTube meskipun hanya memiliki antara 1.000-15.000 subscribe menjadi salah satu faktor verifikasi Instagram. Jika Anda membangun merek Anda di Instagram, mengumpulkan ribuan pengikut dalam jangka waktu lama, maka orang akan mengenal Anda. Anda dapat dengan mudah ditemukan di social network ini dan tidak mungkin pengguna lain akan keliru memilih akun lain meski dengan nama yang sama. Oleh karena itu tidak menjadi prioritas utama bagi Instagram untuk memverifikasi Anda. Instagram bahkan menjelaskan bahwa verifikasi adalah proses peningkatan pengalaman pengguna: "Kami ingin memastikan bahwa orang-orang di komunitas Instagram dapat dengan mudah menemukan orang-orang dan merek asli yang ingin mereka ikuti." Jika Anda tidak memiliki ribuan pengikut, dan akun Anda bukanlah berafiliasi dengan merek maka verifikasi akan menjadi salah satu cara pengguna lain menemukan Anda.

2. Membangun popularitas di layanan sejenis

Para pelaku penjualan di media sosial paham bahwa ada platform tertentu dan lainnya yang akan menghasilkan jenis pengguna yang sama dengan demografi dan gaya konten sejenis. Misalnya, Twitter sangat terkait dengan berita dan politik, jadi Anda melihat akun terverifikasi dari wartawan, komentator media, dan orang-orang yang terlibat dalam berita. Contohnya adalah Ken Bone, yang mendapat verifikasi di Twitter setelah penampilannya pada debat presiden 2016 menjadi viral. Ada hubungan antara Instagram dan Youtube, misalnya seseorang yang memiliki video yang mencapai jumlah penayangan 10 ribu tampilan rata-rata maka Instagram pun lalu memverifikasinya.

3. Posisikan diri Anda sesuai identitas sendiri

Poin ini diambil langsung dari pernyataan Instagram sendiri tentang bagaimana mendapatkan verifikasi. Mereka terus-menerus menekankan bahwa verifikasi dilakukan tidak hanya untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik, tetapi juga untuk menghentikan orang agar tidak meniru identitas orang lain: "Akun yang mewakili tokoh dan merek terkenal diverifikasi karena mereka memiliki kemungkinan tinggi untuk ditiru." Verified badge artinya Instagram tahu Anda adalah siapa yang Anda katakan dan membantu pengguna membangun kepercayaan.

Setiap akun Instagram dengan verified badge biasanya mempunyai Fanpage Facebook yang sudah diverifikasi pula. Berarti Fanpage FB boleh dikatakan sebagai syarat memperoleh centang verifikasi dari Instagram. Sejumlah akun Instagram yang mengusung merek dan juga milik beberapa selebritis namun belum memiliki status verifikasi. Dan semuanya ternyata tak mempunyai Fanpage Facebook yang sudah diverifikasi.

Oleh karena itu salah satu cara cara verifikasi Instagram, aktiflah di Facebook dengan membuat Fanpage yang sesuai TOS Facebook hingga memperoleh verifikasi. Saat Fanpage FB telah menerima badge verifikasi, sudah barang tentu akun Instagram yang dikoneksikan akan diberikan verifikasi. Namun ada sejumlah kasus dimana Fanpage Facebook telah terverifikasi namun akun Instagramnya tak ada centang verifikasi. Setiap pemilik akun Instagram yang juga mempunyai Fanpage Facebook disarankan untuk menautkan ke akun Instagram yang dimiliki. Demikian juga sebaliknya.

Pemilik akun Instagram yang tak memiliki halaman Fanpage Facebook, boleh jadi akan kesulitan mendapatkan verifikasi. Tak ada jalan lain selain memulai membuat Fanpage Facebook lebih dulu. Mengelolanya dengan baik agar bisa memperoleh verifikasi dari Facebook. Setelah itu baru mengejar verifikasi dari Instagram yang akan lebih mudah diperoleh.

Tips mendapatkan verifikasi Fanpage Facebook :

Pengguna tak dapat meminta status Fanspage dengan cepat bisa diverifikasi. Pihak Facebook yang memutuskan apakah Fanpage yang dimiliki pengguna memang pantas diberikan verifikasi atau tidak. Umumnya Fanpage Facebook dengan tanda verifikasi centang biru akan diberikan kepada : organisasi, presiden, atlet, selebritis, tokoh terkenal, perusahaan atau merek terkenal. Cara mendapatkan verifikasi Fanspage Facebook di bawah ini hanya akan tersedia jika pengguna telah beriklan di Facebook atau paling sedikit Fanpage itu memiliki 1000 followers. Pertama, sign-in ke Fanspage yang akan diajukan, kemudian klik pada menu Pengaturan di sudut kiri atas. Klik pada opsi Verifikasi Halaman. Pengguna dipersilahkan mengisikan nomor ponsel, lalu tentukan juga bahasa yang akan digunakan. Empat digit kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor ponsel tersebut untuk konfirmasi. Tunggu jawaban dari pihak Facebook mengenai dikabulkan atau tidaknya permintaan tersebut.

Alternatif lainnya dari proses mendapatkan verifikasi dari Facebook yaitu masuk ke https://www.facebook.com/help/contact/1448613808726619. Lalu lengkapi formulir yang tersedia termasuk file scan KTP. Masukkan juga alamat website yang dimiliki yang akan memperbesar peluang Fanpage diverifikasi. Butuh hingga 1 minggu untuk mendapatkan kepastian dari Facebook apakah diterima atau ditolak. Bila disetujui maka tanda centang biru langsung tersemat di Fanpage tersebut.


Prosedur Cara Verifikasi Instagram untuk Mendapatkan Ceklis Biru Rating: 4.5 Posted by: Imam Y. Handoko