Trik Cara Membuat Gelembung Sabun Sendiri

Bermain gelembung sabun yang melayang terbawa angin kemudian pecah adalah kesenangan yang disukai kebanyakan anak kecil. Kita sebagai orang tua biasanya membelikan sebotol cairan gelembung sabun dengan batang peniupnya di penjual mainan. Sebetulnya cara membuat gelembung sabun itu mudah memanfaatkan aneka bahan yang ada di rumah.

Larutan gelembung sabun yang dijual biasanya mampu membuat gelembung yang tak gampang pecah. Secara Fisika, gelembung sabun bisa pecah sebab bahan penyusunnya yang menguap. Gelembung sabun pun bisa pecah jika mengenai benda dengan permukaan kering. Permukaan benda yang kering akan menarik bagian sabun atau air dari gelembung sehingga strukturnya rusak. Karena itu sebelum mempelajari cara membuat gelembung sabun, perlu diketahui tips agar gelembung tak gampang pecah.

Pertama, kita bisa membuat larutan air sabun agar tak gampang menguap. Bisa dengan menambahkan glycerine atau sedikit garam atau gula pasir. Pakai air yang dihasilkan kondensasi AC. Seperti diketahui air PAM memiliki kandungan ion Kalsium, Magnesium dan besi yang bisa mengganggu pembentukan gelembung. Tetapi bila memakai deterjen, silahkan saja menggunakan air keran sebab ion-ion tadi tak berpengaruh sama sekali.

1. Cara Membuat Gelembung Sabun

Gelembung mainan bisa dibuat dari sabun cair jenis apa saja yang tersedia misalnya : sabun cuci piring, sabun mandi cair atau sampo. Ada sabun cair yang bisa membuat gelembung yang tak mudah pecah sementara hal sebaliknya untuk jenis sabun cair lain. Selanjutnya buat larutan dengan perbandingan 1 banding 4 untuk sabun cair dan air menggunakan mangkuk atau gelas. Larutan yang dibuat dari sabun cuci piring cair bisa membentuk gelembung besar sementara sabun mandi cair atau shampo tak menciptakan banyak busa.
       
Berbagai metode bisa diterapkan agar gelembung yang terbentuk lebih kuat sekaligus menarik dibanding gelembung sabun kebanyakan. Buat percobaan dengan beberapa bahan berikut hingga sukses menciptakan suatu larutan yang disukai anak-anak. Pertama, kita bisa menambahkan sejumlah kecil sirup jagung, gula atau tepung kanji ke campuran. Aneka bahan tadi bisa menciptakan sebuah gelembung dengan permukaan lebih tebal yang artinya tak gampang pecah. Kita juga bisa menambahkan sedikit pewarna makanan. Kita bisa membagi larutan dalam beberapa wadah untuk menghasilkan beberapa warna.

Bila ingin membuat gelembung sempurna, cukup campurkan bahan berikut bersama :95% air, 3% sabun cuci piring cair, 2% gliserin. Mengapa ketiganya bisa membuat gelembung sempurna yang mampu bertahan lama dan tak mudah meletus? Penjelasan ilmiahnya adalah sebagai berikut. Unit air terkecil disebut molekul. Molekul air sangat kecil ada sekitar 1.390.000.000.000.000.000.000.000.000 molekul dalam setetes air. Molekul air ini memiliki gaya tarik satu sama lain yang menyebabkan sesuatu yang disebut tegangan permukaan yang akan menciptakan semacam kulit di atas permukaan air. Lalu untuk sabun pencuci piring cair berfungsi untuk menurunkan tegangan permukaan yang akan membuat air menjadi lentur sehingga bisa meniupnya dengan mudah. Sementara Gliserin adalah bahan yang akan berfungsi menghentikan gelembung agar tidak mengering sehingga tidak meletus dengan cepat.

Jika kita ingin sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan di halaman belakang bersama anak-anak atau keluarga, coba buat gelembung raksasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan : 6 gelas air (air suling adalah yang terbaik tapi air keran pun boleh), 1/2 cangkir deterjen, 1/2 cangkir tepung jagung, 1 sdm baking powder (bukan baking soda) dan 1 sdm gliserin. Cara membuat gelembung sabun raksasa langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Larutkan tepung maizena ke dalam air, aduk dengan benar.
Masukkan bahan-bahan lain dengan hati-hati agar tidak banyak menghasilkan buih. Biarkan campuran selama setidaknya satu jam, aduk sesekali saat terlihat tepung maizena mengendap di dasar. Sebagian tepung maizena tidak akan larut sepenuhnya, dan bahkan mungkin menempel ke dasar saat Anda menggunakan larutan gelembung, tapi ini tidak akan mempengaruhi kualitas gelembung yang dihasilkan.
       

2. Cara Membuat Batang Pencetak Gelembung

Batang pencetak gelembung yang diikutkan saat membeli larutan gelembung umumnya dibuat dari bahan plastik. Faktanya, kebanyakan bahan dengan lubang bisa difungsikan untuk mencetak gelembung. Cari saja di sekitar kita, pasti akan menemukan aneka bahan yang bisa dibengkokkan untuk dibuat lubang pencetak gelembung. Paling gampang adalah menggunakan kawat dengan diameter ekcil sehingga gampang dibentuk hanya dengan tangan. Setelah dibentuk lingkaran pada ujungnya, siapkan benang kristik (benang wol) untuk meliliti bagian lingkaran kawat tersebut. Tujuannya adalah untuk menstabilkan larutan sehingga gelembung yang terbentuk tak pecah saat terlepas dari kawat pencetak.

3. Cara Mencetak Gelembung Sabun

Lakukan di luar rumah, sebab gelembung sabun akan nampak cantik ketika cahaya matahari menerpa pusaran aneka warna yang dihasilkan gelembung. Celupkan batang pencetak gelembung yang baru saja dibuat ke dalam larutan. Selain dengan meniupnya pelan-pelan, gelembung pun akan terbentuk bila kita melambaikan batang pencetak tadi juga dengan perlahan-lahan dan gerakan lembut. Selain itu dengan berlari sembari memegang pencetak gelembung pun akan menghasilkan beberapa gelembung sekaligus.
Kita juga bisa mengambil tempat tinggi misalnya di balkon lantai dua rumah, lalu tiup perlahan batang pencetak gelembung dan saksikan gelembung-gelembung tersebut turun perlahan ke tanah.

Untuk membuat gelembung dengan ulat, kita membutuhkan larutan gelembung, batang pencetak gelembung dan sedotan. Pertama, buat satu gelembung lalu tangkap dengan batang pencetak dan tahan dengan posisi terbalik. Celupkan sedotan ke dalam larutan gelembung dan gunakan untuk meniup gelembung di bawah gelembung sebelumnya. Terus tambahkan gelembung untuk membuat ulat yang panjang.

Untuk membuat gelembung di dalam gelembung dibutuhkan larutan gelembung dan tongkat pencetak gelembung besar. Pertama buat sebuah gelembung berukuran kecil sampai sedang. Celupkan batang pencetak gelembung besar ke dalam larutan lalu sapu sambil mencoba menangkap gelembung kecil di dalamnya. Ini mungkin memerlukan sedikit latihan tapi tak terlalu sulit untuk melakukannya.

Untuk membuat kubah gelembung kita perlu larutan gelembung, nampan datar dan sedotan. Pertama celupkan sedotan ke dalam larutan kemudian tiup sebuah gelembung di nampan untuk membentuk kubah. Celupkan sedotan ke dalam larutan gelembung lagi, aduklah melalui kubah gelembung dan tiupkan gelembung lain ke bagian bawah nampan. Cobalah meniup gelembung ketiga di bagian yang lain.