Pilihan Cara Print Dokumen ke File PDF

Hampir setiap komputer dan perangkat mobile saat ini bisa membuka file PDF. Inilah salah satu bentuk format file yang sangat berguna untuk sharing dokumen kepada orang lain. Orang yang dikirimi dokumen pun tidak memerlukan perangkat lunak atau jenis font tertentu untuk membacanya. Sekarang pengguna dapat mengkonversi file ke PDF di Windows 10 dengan sangat mudah. Jika pengguna menjalankan sistem operasi Windows yang lebih lama, pilihan untuk print PDF mungkin tidak tersedia. Karenanya diperlukan software pihak ketiga yang terinstal di perangkat. Namun yang pasti cara print PDF di Windows lebih mudah sekarang daripada sebelumnya.


1. Cara print PDF di Windows 10

Pengguna MacOS dan Linux telah memiliki printer PDF yang disertakan secara default sudah dari dulu. Beberapa browser pun telah memiliki fitur ini. Microsoft tidak menambahkan fungsi tersebut dan mulai Windows 10 ini fitur tersebut diberikan. Fitur cara print PDF ini secara default sudah aktif. Untuk menggunakannya cukup mudah, buka dokumen seperti biasa, misalnya akan file Word, kemudian pilih menu Microsoft Print To PDF sebagai printer. Pengguna akan ditanya di mana hendak menyimpan file yang dihasilkan, dan setelah beberapa detik, sebuah file PDF baru tercipta.

Jika ternyata opsi Microsoft Print To PDF tidak tersedia sebagai pilihan, maka harus disiapkan terlebih dahulu. Langkah pertama, adalah menavigasi di halaman Pengaturan Windows 10, yang dapat ditemukan di menu Start. Selanjutnya klik Device. Jendela berikutnya secara otomatis membuka menu Printers & Scanners, yang akan memperlihatkan printer apa saja yang tersedia untuk pengguna Windows 10. Di halaman inilah pengguna akan menemukan opsi Microsoft Print to PDF selain printer fisik. Cukup dengan klik menu Add a printer or scanner di bagian atas jendela. Maka sistem Windows mulai mencari semua jenis printer yang ada yang akan ditampilkan di jendela baru. Pengguna dapat menambahkan printer secara manual. Pilih Add a local printer or network printer with manual settings. Di jendela berikutnya, buka menu drop-down di samping Use an existing port. Pilih FILE: (Cetak ke File), dan klik Next.

Pada jendela berikut, pilih "Microsoft" sebagai produsennya, lalu gulir ke bawah untuk menyorot Microsoft Print To PDF sebelum kembali menekan Next. Bila diberi pilihan untuk mengganti driver saat ini atau menggunakan driver yang sudah terpasang, sebaiknya gunakan driver saat ini dan pilih Next. Setelah Windows 10 meminta pengguna untuk memberi nama fungsi Print to PDF. Sebaiknya tetap menggunakan nama default sehingga lebih mudah ditemukan. Berikutny aklik Next untuk terakhir kalinya untuk mulai menginstal fitur printer tersebut. Kini fungsi Print to PDF sudah tersedia untuk digunakan. Cukup buka dokumen atau halaman web yang ingin dikonversi ke PDF dan navigasikan ke fungsi Print. Saat diminta, pilih Microsoft Print to PDF dalam daftar tujuan printer dan klik Print untuk mengubah file menjadi PDF. Jika dilakukan dengan benar, halaman akan segera menanyakan di mana pengguna ingin menyimpan dokumen PDF tersebut, dan berikan nama dari file itu. Tekan Save untuk mengeksekusinya. Setelah disimpan, gunakan salah satu software editor PDF bila ingin melakukan pengeditan.

2. Cara print ke PDF menggunakan Adobe Acrobat

Meskipun versi terbaru dari sistem operasi Microsoft Windows membuatnya sangat mudah untuk mencetak ke PDF, namun versi Windows yang lebih tua tidak bisa melakukannya. Dalam kasus ini, program pihak ketiga menawarkan alternatif cara print dokumen ke bentuk PDF. Salah satu pilihan populer cara print file ke PDF yaitu menggunakan Adobe Acrobat. Program ini banyak digunakan oleh para pengguna Windows 7 atau 8 yang sistem operasinya tidak dilengkapi dengan printer PDF. Meskipun aplikasi ini tak tersedia gratis, namun pengguna diberikan versi trial gratis untuk mencoba dalam waktu tertentu. Cara menggunakan Adobe Acrobat sangat mudah. Setelah terinstal, pilih file dokumen yang akan dijadikan file PDF. Kemudian pilih Adobe PDF sebagai printer. Lalu klik Print or Save, dan beri nama dokumen dan pilih lokasi penyimpanan dari file yang dihasilkan. Pengguna bahkan dapat mengkonversi file PDF yang dihasilkan tersebut ke file gambar dengan format JPEG.

3. Cara print ke PDF menggunakan doPDF

Bagi pengguna yang tak memiliki program Adobe Acrobat atau tak menggunakan Windows 10, mereka masih bisa mencetak dokumen ke PDF dengan program konverter PDF yang tepat, meski prosesnya agak rumit. Salah satu rekomendasi programnya adalah doPDF. Inilah converter gratis yang bisa didownload dari situs resmi pengembangnya di http://www.dopdf.com/. Tak seperti program sejenis, aaplikasi ini tidak memaksa pengguna untuk mendownload add-on secara acak atau bahkan malware. Aplikasi ini juga berfungsi dengan baik di Windows 7 dan Windows 8, serta Windows 10. Ketika mengakses ke official websitenya, cukup klik tombol hijau Download Now!. Setelah di-klik, installer akan mendownload ke komputer pengguna. Setelah itu akses folder Downloads dan jalankan installer doPDF. Setelah itu, instal add-on opsional untuk Microsoft Office, atau hapus centang pada kotak untuk tetap menggunakan fitur dasar (disarankan). Cara menggunakannya, silahkan luncurkan aplikasi sebagaimana program lainnya. Pengguna akan melihat opsi untuk mengkonversi file ke PDF. Klik tombol Browse dan pilih file mana yang ingin dikonversi ke PDF. Setelah memilih file, klik tombol Create dan pilih lokasi penyimpanan untuk file PDF yang terbentuk. Kemudian, klik OK untuk memprosesnya.

4. Cara print ke PDF menggunakan Built In PDF Export

Beberapa aplikasi telah menambahkan dukungan PDF-export mereka sendiri karena Windows tidak memilikinya secara native. Dalam beberapa program, pengguna bisa mencetak ke PDF tanpa menginstal program printer PDF sama sekali. Browser Google Chrome memilikinya dimana pengguna bisa klik menu dan kemudian klik Print. Klik tombol Change di bawah Destination dan pilih Save as PDF. Kemudian untuk program Microsoft Office pun tersedia, pengguna tinggal masuk ke Menu, pilih Export, lalu pilih Create PDF / XPS Document. Untuk program LibreOffice dengan masuk ke Menu File dan pilih Export as PDF. Pengguna sebenarnya dapat membuat file PDF dari jendela dialog Print atau dengan memilih opsi "Export to PDF" atau "Save to PDF" jika program memang mendukungnya. Untuk mencetak file ke PDF dari manapun, pengguna pun bisa menginstal PDF Printer.

5. Cara print ke PDF menggunakan layanan online

Jika pengguna menggunakan komputer tanpa printer PDF dan hanya ingin mencetak halaman web ke file PDF maka tidak perlu dipusingkan dengan proses konversi apa pun. Cukup gunakan alat berbasis web seperti Web2PDF (http://www.web2pdfconvert.com/), pastekan alamat halaman web, dan layanannya akan membuat file PDF segera. Layanan online ini lebih ditujukan untuk halaman web publik dan bukan situs pribadi atau toko online.