Berkreasi Cara Membuat Bunga dari Sedotan Plastik

Kita tentu familiar dengan barang-barang kerajinan daur ulang yang terbuat dari limbah plastik. Salah satu bentuk ekrajinan itu adalah bunga dari plastik. Kecuali bisa menambah cantik ruangan, bunga yang tak pernah layu tersebut pun sebagai salah satu wujud menjaga alam. Menggunakan bunga plastik artinya kita tak usah memetik bunga yang asli di alam. Kita pun dapat mendaur-ulang limbah plastik yang tak terpakai menjadi produk berharga.

Termasuk bahan plastik bekas yang dapat dibuat menjadi kerajinan bunga yang cantik yaitu plastik sedotan yang tak terpakai. Siapa mengira bila sedotan yang cuma untuk menyedot minuman nyatanya bisa disulap menjadi sebuah kerajinan tangan nan memukau. Cara membuat bunga dari sedotan  yang cukup mudah sekaligus bisa mengurangi jumlah sampah plastik yang terus menumpuk. Bahkan bagi mereka yang kreatif, bunga dari sedotan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Apabila dibanding bunga asli, bunga dari sedotan tentu lebih awet apabila tak ditempatkan di area yang terpapar cahaya matahari langsung sebab bisa mengakibatkan warnanya pudar.


1. Cara membuat bunga dari sedotan

Jika memiliki waktu luang, mengapa tak mencoba membuat kerajinan tangan yang cantik ini. Akan tetapi sebelumnya kita harus mengetahui dahulu cara membuat bunga dari sedotan dengan bentuk-bentuk yang sederhana dan dapat dibuat dengan waktu singkat. Sebelumnya kita memerlukan beberapa bahan dan alat yaitu : 2 pak sedotan plastik (bila ada yang bekas tentu lebih baik), benang, jarum, gunting dan lem. Bahan dan alat yang dibutuhkan sangat mudah untuk diperoleh. Bila menggunakan sedotan plastik bekas maka kita harus mencucinya terlebih dahulu hingga bersih lalu dikeringkan.

Langkah selanjutnya, sedotan digunting jadi 4 bagian sama panjang. Mula-mula bagi sedotan jadi dua bagian. Kemudian bagi kembali setiap bagian jadi dua. Ambil 1 batang sedotan dan bagi menjadi 4 seperti tadi. Kini kita memiliki 8 potong sedotan ukuran kecil dengan panjang yang sama. Berikutnya satukan 8 potong sedotan tadi dengan posisi sejajar menggunakan bantuan jarum dan benang. Tusukkan jarum berbenang ke bagian tengah sedotan satu demi satu sampai 8 potong sedotan menyatu di rangkaian benang. Supaya rangkaian sedotan itu bisa dibuat bentuk bunga yang cantik, eratkan rangkaian agar setiap bagian sedotan tertekuk sehingga dengan sendirinya akan berbentuk lingkaran. Jika sudah terbentuk lingkaran buat simpul mati di bagian benang yang lain sehingga bentuknya tak berubah.

Biar bentuk bunga plastik tadi makin cantik, kita bisa menambahkan beberapa sentuhan di ujungnya. Kita cukup menggunting ujung setiap sedotan secara miring. Setelah semua ujung digunting diagonal, maka bunga sedotan sudah jadi. Kita bisa membuat beberapa bunga seperti itu dengan aneka warna lain maupun menggunakan kombinasi beberapa warna dalam satu bunga. Setelah ada beberapa bunga, kita bisa memberikan tangkai dan merangkainya menjadi hiasan cantik penghias meja ruang tamu. Lewat kreasi bunga yang sangat sederhana tadi, kita pun dapat merangkainya menjadi bucket bunga yang cantik. Gabungkan 2 sampai 3 susun bunga sehingga lebih menarik dalam bucket.



2. Cara membuat bunga teratai dari sedotan

Sebelumnya kita harus menyediakan bahan dan alat yang biasa dipakai dalam berkreasi membuat bunga dari sedotan : sedotan plastik aneka warna, putik dan kelopak plastik, cutter, gunting, tang kecil, lem, kunci bekas, lilin dan korek api, jarum, lidi atau kawat dengan diameter 2 mm atau lebih kecil, botol plastik warna atau vas bekas, kertas krep atau kertas pita. Jika seluruh bahan dan alat tersedia, saatnya berkreasi. Bunga Teratai adalah jenis bunga yang tumbuh di permukaan air yang tenang.

Membuat satu bunga Teratai dibutuhkan 12 batang sedotan. Tiap-tiap sedotan tadi selanjutnya dipotong menjadi 4 bagian. Kemudian gunting dari ujung dengan panjang 2/3 sedotan. Kemudian untuk ujung sedotan yang satunya digunting runcing dengan panjang kira-kira 1/3 panjang sedotan. Bagian ujung sedotan inilah yang menjadi patokan panjang untuk sedotan lainnya sehingga bisa sama panjang. Buka sedotan yang sudah digunting dan dibentuk kelopak, lipat keluar sesuai garis sedotan. Lipat balik kembali bagian pangkal kelopak bunga dari bagian pangkal kira-kira 1/3 dari pangkal kelopak.
   
Selanjutnya tusuk bagian pangkal sedotan satu persatu sampai rapat. Kemudian sisipkan kawat dari ujung jarum yang berlubang. Pindahkan kelopak yang telah ditusukkan ke kawat hingga seluruh bagian kelopak berpindah ke kawat. Selanjutnya ikat kelopak tersebut dengan melingkarkan beberapa kali satu segi kawat yang lain, lalu diserut sampai kelopak-kelopak tersebut menyatu. Terakhir lengkapi dengan putik di sebelah atas dan kelopak di sebelah bawah bunga.


3. Cara membuat bunga dahlia dari sedotan

Beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk berkreasi menciptakan bentuk bunga dahlia cantik dari sedotan plastik : sedotan plastik, gunting, jarum suntik baru, kawat kecil, putik dan kelopak bunga dari plastik. Cuma menggunakan beberapa alat dan bahan yang mudah didapatkan tadi kita bisa menciptakan produk kerajinan tangan yang cantik dan menarik.

Mula-mula kita gunting 1 batang sedotan jadi delapan potong sama panjangnya. Sekuntum bunga dahlia membutuhkan 6 batang sedotan plastik. Selanjutnya potongan sedotan kecil-kecil tadi dipotong sesuai pola gambar di bawah. Sesudah itu gunting jadi dua bagian sedotan kecil itu. Sebatang sedotan plastik bisa dibuat 16 potong kelopak bunga dahlia. Tahap selanjutnya yaitu merangkai potongan sedotan tadi memakai jarum suntik di bagian pangkalnya, selanjutnya sisipkan kawat dari lubang di jarum. Pindahkan kelopak ke kawat satu per satu hingga seluruh kelopak terangkai dengan kawat.

Selanjutnya satukan seluruh kelopak bunga dengan melingkarkan kawat di sisi kiri dengan kawat di sisi kanan. Serut kawat tersebut kuat-kuat supaya seluruh kelopak bunga menyatu dengan kuat. Sesudah itu rapikan kelopak bunga dahlia tadi dan potong kawat agar tak kelewat panjang. Sediakan putik bunga dan kelopak bunga plastik, sesudah itu masukkan putik ke bagian atas sementara kelopak di bagian bawah bunga.

Cara membuat bunga dari sedotan yang dijelaskan di atas cukup mudah dilakukan. Dengan sedikit kreatifitas, beberapa bentuk bunga lain pun bisa dibuat dengan mudah. Dan tak hanya bunga, sebagai tempat bunga plastik yang kita buat pun bisa ditempatkan dalam vas dari sedotan. Nah, selamat berkreasi dengan sedotan plastik.