Cara Download MP3 dari YouTube Tanpa Ribet

Cara download MP3 dari YouTube. Saluran musik terpopuler di dunia bukan iTunes, Spotify atau Radio 1 namun itu adalah YouTube. Ketahuilah bahwa 300 jam video diupload ke server YouTube setiap menitnya dan sebagian besar video tersebut berisi musik. Namun musik itu dengan format yang tidak ramah untuk didengarkan pada perangkat portabel seperti smartphone atau iPod. Itu tak berarti pengguna tidak bisa mendownload atau mengubah formatnya.


Format yang paling umum digunakan untuk musik adalah MP3, yang bisa diputar di banyak perangkat mulai dari smartphone hingga perangkat stereo mobil yang terhubung. MP3 memang bukan format musik termutakhir, tapi sejauh ini format MP3 lah yang paling banyak didukung oleh berbagai perangkat yang ada di pasaran. MP3 dapat disimpan pada bitrate yang berbeda, yang menyesuaikan kualitas suara untuk mengurangi ukuran file dan sebaliknya. Mulai dari 320Kbps hingga kualitas tertinggi, yang hampir tidak dapat dibedakan dari CD.

MP3 menggunakan fitur yang disebut sebagai Lossy compression untuk menyesuaikan ukuran file, sehingga pengguna bisa mendapatkan audio yang kualitasnya cukup dekat dengan kualitas CD dengan ukuran file sekitar 1/12 dari aslinya. Menonton film hitam putih di TV berwarna tidak secara ajaib akan memberikan warna pada film tersebut. Pun demikian dengan pengaturan konverter audio hingga bitrate maksimum tidak akan serta merta bisa meningkatkan kualitas suara video YouTube jika aslinya memang rendah.

Dalam kebanyakan kasus musik yang digunakan di video YouTube adalah streaming AAC dari 128 hingga 192kbps meskipun YouTube merekomendasikan bahwa pengunggah video menggunakan bitrate 384 kbps untuk audio stereo. Tujuannya untuk kebutuhan di masa depan, atau mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik dari kompresi musik Google sendiri. Namun tidak ada gunanya melampaui angka 192kbps saat pengguna membuat file M4A / AAC, atau sekitar 256kbps untuk MP3.

Apakah mendownload musik dari YouTube itu legal? Itu tentu saja bertentangan dengan ketentuan layanan YouTube yang mengatakan bahwa pengguna hanya dapat menggunakan konten untuk streaming. Banyak artis bergantung pada iklan YouTube untuk pendapatan mereka, sehingga memutarnya dengan tanpa iklan secara tak langsung akan menghilangkan pendapatan mereka. Untuk mendownload musik secara legal dari YouTube, pengguna memerlukan izin dari pemegang hak cipta. Pengguna harus dapat menghubungi mereka yang bisa didapatkan infonya dengan membuka profil mereka, atau melalui channel YouTube mereka. Namun banyak juga para pemilik video yang memang mempersilahkan bagi para pemirsa mendownload musik mereka.

1. Cara download MP3 dari YouTube dengan aTube Catcher

Cara download MP3 dari YouTube ada banyak pilihan yang bisa diambil salah satunya. Semuanya memanfaatkan layanan pihak ketiga. Salah satu layanan pihak ketiga cara download MP3 dari YouTube adalah aTube Catcher. Untuk urusan mendownload musik dari YouTube, sulit untuk mengalahkan Tube Catcher. Seperti banyak aplikasi gratis lainnya, penting untuk membaca syarat dan ketentuan pemasangan. Pada saat penginstalan aTube Catcher maka akan ditanyakan apakah pengguna ingin memasang aplikasi Teoma dan setuju layanan ini mengubah setelan browser yang dipakai pengguna. Namun jika pengguna tidak mencentang salah satu dari dua opsi yang ditawarkan, akibatnya mereka tidak dapat melanjutkan menginstal aplikasi ini. Triknya, klik saja tombol Cancel maka pengguna akan melihat penawaran aplikasi lain. Klik tombol Decline dan pengguna dapat melanjutkan penginstalan aplikasi aTube Catcher dengan mulus.

2. Pilih link video YouTube yang diinginkan

Setelah aplikasi Tube Catcher terpasang, langsung saja jalankan. Ada banyak pilihan menu pada aTube Catcher ini, namun hanya dua yang dibutuhkan untuk musik yaitu menu Find Videos, yang memungkinkan pengguna menempelkan alamat klip yang telah ditemukan, lalu menu Musik, yang dapat digunakan untuk mencari lagu di YouTube. Jika ingin menggunakan tombol Find Videos, temukan link video YouTube yang diinginkan menggunakan browser web. Misalnya video musik yang diinginkan memiliki alamat link di https://www.youtube.com/watch?v=yIkBID324so. Gunakan tombol Ctrl + C Untuk menyalinnya kemudian paste ke kotak URL Find Videos. Setelah selesai, klik tombol Output Profile untuk memilih format dan kualitas file yang diinginkan. Akan ditampilkan daftar format dan kualitas file yang bisa dipilih salah satunya.

3. Temukan versi yang tepat

YouTube menawarkan beberapa versi untuk setiap video yang dimilikinya untuk mengakomodasi berbagai perangkat yang digunakan untuk mengaksesnya. Format file apa yang ideal untuk PC 27 inci dengan sambungan internetr broadband cepat tentu akan hang bila diputar di smartphone dengan sambungan data seluler 3G. Pengguna akan diberikan pilihan format MP4, WebM atau 3GPPP. Abaikan yang terakhir sebab itu hanya untuk ponsel dengan spesifikasi sangat rendah, pilih format MP4. Tidak ada banyak perbedaan antara MP4 dan WebM yang lebih kecil, namun MP4 sedikit terdengar lebih baik.

4. Lakukan dengan cara yang mudah

Jika pengguna sudah tahu apa yang diinginkan dan ingin mendownloadnya, aplikasi aTube Catcher bisa melakukannya dengan mudah. Saat aplikasi ini terbuka, cukup klik pada tombol Music, masukkan beberapa kata untuk membantu menemukan track dan kemudian klik pada tombol Search. Pengguna bisa mendengarkan track tersebut dalam aplikasi. Dan jika pengguna menyukai apa yang didengar maka proses download bisa dimulai dengan mengklik Download Selected.

5. Simpan dengan nama yang diinginkan

Pengguna dapat mengganti nama file MP3 jika menginginkannya atau mengubah lokasi penyimpanan. Yang penting di sini adalah bitrate yang akan menentukan kualitas suara untuk file MP3 yang telah selesai diunduh. Untuk kualitas audio yang baik, direkomendasikan untuk memilih 192Kbps untuk penggunaan di perangkat smartphone atau 256Kbps untuk penggunaan di PC. Tidak ada gunanya memilih kualitas 320Kbps bila file aslinya mungkin tidak berkualitas tinggi. Track akan didownload dan setelah beberapa detik, lagu tersebut langsung siap dimainkan dari aplikasi musik atau di transfer ke perangkat apa pun. Pengguna dapat mengulangi cara download MP3 dari YouTube di atas untuk lagu sebanyak yang mereka suka.

Sebenarnya cara download MP3 dari YouTube tak hanya menggunakan aTube Catcher, masih banyak aplikasi lain yang juga memiliki fungsi yang sama. Salah satunya adalah layanan dari website http://www.youtube-mp3.org/. Cukup buka link tadi dari browser, kemudian masukkan URL dari YouTube yang berisi lagu yang akan didownload. Kemudian klik tombol Convert Video. Prosesnya sangat cepat, sesudah konversinya selesai maka akan tersaji sebuah link download. Klik link download tersebut untuk memulai proses unduhan. Akan keluar dialog box yang memberitahukan pilihan yang sudah dilakukan. Klik pada tombol SAVE kemudian klik OK.