Beragam Cara Membuat Slime dari Aneka Bahan Murah

Slime yaitu gumpalan serupa jelly dengan tekstur kenyal saat dipegang. Sebenarnya kegunaan utama benda yang satu ini yaitu membersihkan debu yang menempel di sela-sela keyboard komputer atau laptop. Namun kini slime pun mulai dimanfaatkan sebagai bahan mainan edukasi bagi anak-anak. Tekstur slime yang bisa dibentuk memudahkan anak mengeksplorasi sesuai kemauannya. Cara membuat slime sendiri sangatlah mudah sebab bahan-bahannya bisa didapatkan di sekitar kita.

Dengan membuat sendiri slime di rumah memanfaatkan bahan-bahan yang ada, kita tak perlu membelinya. Slime yang dijual di pasaran tak semuanya aman sebab bisa saja mengandung bahan membahayakan sepertik borax. Cara membuat slime bisa berasal dari bahan-bahan seperti : lem Fox, tepung kanji, bedak bayi, sampo dan pasta gigi. Berikut langkah-langkah cara membuat slime dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.


1. Cara membuat slime menggunakan lem Fox

Bahan-bahan dan alat yang harus disiapkan :

- Air seperlunya
- Mangkuk sebagai tempat adonan
- Sendok untuk mengaduk
- Lem Fox atau lem UHU atau lem Povinal
- Deterjen cair atau sabun mandi cair maksimal 100 cc untuk pengganti borax
- Pewarna makanan 2 tetes sesuai warna yang diinginkan

Prosedur pembuatan : Siapkan lem Fox, air, deterjen cair serta pewarna makanan. Tuangkan lem ke mangkuk kurang lebih 3 sendok makan. Kemudian tambahkan 2 tetes pewarna makanan lalu aduk-aduk agar tercampur rata. Berikutnya tuangkan sedikit deterjen cair sembari tetap diaduk-aduk sampai adonan membentuk gumpalan. Supaya adonan slime tak lengket kita boleh menuangkan sedikit sabun cair lagi namun tak usah diaduk. Tuangkan adonan slime tadi ke dalam mangkuk lain yang berisi air kemudian biarkan kurang lebih 3 menit. Kini slime sudah jadi dan sudah dapat digunakan untuk bahan bermain anak-anak.

2. Cara membuat slime menggunakan tepung kanji

Bahan-bahan yang perlu disiapkan berupa : air 400 cc, tepung kanji (tapioka) 2 gelas, minyak goreng 1/2 gelas, pewarna makanan 3 sdt.

Prosedur pembuatan : untuk tempat adonan, siapkan mangkuk ukuran sedang yang bersih dan kering. Selanjutnya tuangkan tepung tapioka mangkuk seluruhnya. Tambahkan air sedikit demi sedikit sembari terus diaduk-aduk supaya adonan tak menggumpal. Berikutnya tuangkan minyak sayur ke adonan, aduk-aduk merata dan perhatikan tingkat kekentalannya. Apabila kurang encer boleh dituangkan sedikit air dan minyak goreng. Tambahkan pewarna makanan ke adonan itu lalu aduk-aduk lagi agar merata. Terakhir tuangkan adonan ke plastik kemudian ikat kuat. Setelah beberapa saat, adonan slime siap digunakan untuk bermain.

3. Cara membuat slime menggunakan bedak bayi

Untuk yang mempunyai buah hati yang masih bayi, tentunya persediaan bedak bayi di rumah ada banyak. Dan bedak bayi pun bisa digunakan untuk bahan baku membuat slime.

Bahan-bahan yang mesti disiapkan : bedak bayi 1 botol kecil, air 2 gelas, Baby oil 4 sdm, pewarna makanan 3 sendok teh

Prosedur pembuatan : gunakan mangkok ukuran besar untuk membuat adonan, pilih yang ada tutupnya. Selanjutnya tuangkan bedak bayi ke mangkuk dan tambahkan sedikit demi sedikit air ke adonan sembari terus diaduk-aduk. Sesudah itu tuangkan baby oil ke adonan dan tentu saja tetap diaduk agar tercampur rata. Cek tingkat kekentalannya, bilamana dianggap terlalu kental maka dapat ditambahkan bedak bayi sedikit demi sedikit. Tambahkan sedikit air jika ingin yang lebih encer. Tuangkan pewarna makanan ke adonan tersebut dan uleni supaya warnanya menyebar merata. Terakhir tutup mangkuknya dan simpan adonan untuk beberapa jam sebelum digunakan.


4. Cara membuat slime dari sampo dan odol

Sampo adalah produk yang pasti ada di setiap rumah untuk membersihkan rambut kepala. Dan sampo ini pun bisa dimanfaatkan untuk membuat slime. Mari kita berkreasi membuat slime dari sampo ini.

Bahan-bahan dan alat yang perlu disiapkan :sampo cair merek apa saja, odol, sendok, mangkuk kecil, tepung maizena atau tepung jagung.

Prosedur pembuatan : pertama sekali masukkan sampo ke mangkuk. Sesudah itu masukkan odol. Jumlah sampo dan odol gunakan perbandingan yang sama namun jangan terlalu banyak. Untuk sampo pilih yang memiliki tingkat kekentalan yang lumayan atau tak terlalu cair. Sementara untuk odol boleh memakai merek apa saja. Aduk-aduk kedua bahan sampai tercampur merata memakai sendok. Setelah dipastikan terbentuk adonan homogen, masukkan dalam kulkas kira-kira 10 menit. Jangan sampai terlalu lama yang akan membuat adonan membeku. Setelah teksturnya mengental, segera ambil dari kulkas. Kalau adonan ternyata masih basah dan lengket, boleh ditambahkan odol atau tepung jagung lalu aduk-aduk dan simpan lagi dalam kulkas. Bila menginginkan adonan yang berwarna, boleh ditambahkan pewarna makanan, aduk-aduk dan simpan lagi di kulkas sekitar 2 menit. Boleh pula ditambahkan serbuk glitter bila menghendaki slime yang berkilauan layaknya kaca. Setelah dari kulkas dan memiliki tekstur yang pas maka slime sudah bisa digunakan.

5. Cara membuat slime dari sabun mandi cair

Sabun mandi cair yang kita gunakan setiap hari pun bisa digunakan sebagai alternatif membuat slime. Tak butuh banyak sabun cair, cukup sekitar 3 sendok makan saja yang diperlukan. Dan sebaiknya gunakan sabun cair khusus anak yang tak terlalu pekat dengan komposisi kimia di dalamnya.

Bahan-bahan dan alat-alat yang dibutuhkan : sabun mandi cair 3 sdm, deterjen serbuk 1 gelas, sabun cuci piring cair 3 sdm, tepung 1 gelas, pewarna makanan 2 sdt, air 1,5 gelas, mangkuk besar, sendok atau pengaduk.

Prosedur pembuatan : pertama sediakan mangkuknya dalam keadaan bersih kemudian tuangkan sabun mandi cair, deterjen serbuk, tepung dan sabun cuci piring. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Masukkan air bersih ke dalam adonan sembari terus diaduk-aduk agar merata. Kita dapat menentukan sendiri tingkat kekentalan yang diinginkan. Selanjutnya tambahkan pewarna makanan ke adonan seraya terus diaduk-aduk sampai pewarna tercampur homogen. Tutup rapat mangkuk yang berisi adonan kemudian biarkan kurang lebih 15 menit. Selanjutnya tempatkan adonan dalam lemari es kurang lebih 15 menit. Masukkan slime di wadah tertutup rapat ketika tak dipakai.

Untuk mendukung anak kita bisa mengekspresikan segala imajinasinya tak mesti mengeluarkan banyak uang. Kita dapat membuatkan slime sendiri untuk mengasah kreatifitas anak-anak. Agar anak kita menjadi cerdas dan kreatif tak mesti diberikan anekan mainan berharga mahal, akan tetapi bagaimana cara menggunakan bahan yang sudah tersedia untuk membuat permainan baru. Tentu saja peran orang tua sangat diperlukan untuk tumbuh kembang menjadi anak yang kreatif.