Kelas 5, Tema 8, Subtema 1, Pembelajaran 1, Manusia dan Lingkungan

Salah satu unsur penting dalam lingkungan adalah air. Air sangat diperlukan bagi kehidupan di bumi. Fungsi utama air adalah untuk menjaga kelangsungan hidup makhluk yaitu sebagai pengisi cairan di dalam tubuh. Dan dapat dipastikan jika demikian maka makhluk hidup tidak akan bertahan tanpa minum. Selain itu, air juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan- kepentingan yang lainnya. Jika kita membicarakan mengenai manfaatan dari air ini maka akan sangat panjang uaraiannya. Hal ini karena air memang merupakan unsur penting dan sangat dibutuhkan bagi kehidupan.
 Amati gambar dibawah ini!
1. Fakta-fakta apa sajakah yang ditunjukkan gambar-gambar tersebut?
Gambar 1 menunjukkan lingkungan yang indah berupa areal persawahan yang subur. Gambar 2 menunjukkan anak-anak usia SD sedang menanam bibit tanaman.

2. Apakah lingkungan berguna bagi manusia? Mengapa?
Lingkungan berguna bagi manusia, karena lingkungan menyediakan semua kebutuhan hidup manusia.

3. Apakah keuntungan yang diperoleh manusia jika menjaga lingkungan?
Jika manusia menjaga lingkungan, semua kebutuhan hidup manusia dapat tercukupi.

4. Apakah akibatnya jika manusia tidak menjaga lingkungan?
Jika manusia tidak menjaga lingkungan, lingkungan menjadi rusak dan tidak memberikan manfaat bahkan dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia.

5. Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitarmu?
Alternatif jawaban: Saat ini kondisi lingkungan banyak pengalami kerusakan. Pohon-pohon dihutan banyak yang ditebangi tanpa adanya usaha penanaman kembali. Hal ini berdampak pada saat musim penghujan, terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor, dan saat musim kemarau banyak orang mengalami kekurangan air karena tanah tidak dapat lagi menyimpan cadangan air.

Ayo Membaca!
Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer
Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk mendapatkan air bersih. Mereka terpaksa mengambil air bersih di Kelurahan Kaisabu Baru, Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang mobil dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari aliran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.
Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di daerah itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan akses aliran air bersih, karena pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah untuk keperluan tersebut.
(Diolah dari sumber: nationalgeographic.co.id dengan perubahan)

Kamu telah membaca bacaan ”Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”. Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta pikiran berikut.
Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai kegiatan di bumi. Apa fungsi penting air bagi manusia dan kehidupan di bumi? Ayo, diskusikan.

Ayo Berdiskusi!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama kelompokmu (4-5 orang).
1. Apa fungsi air bagi manusia?
Minum, Memasak, Membersihkan tubuh, Mencuci bahan makanan dan pakaian.

2. Apa fungsi air bagi hewan?
Fungsi air bagi hewan diantaranya untuk minum, berendam, tempat hidup, dan tempat berkembangbiak.

3. Apa fungsi air bagi tumbuhan?
Air diperlukan oleh tanaman untuk proses fotosintesis.